Kamis, 22 Juli 2010

Menuju "Ikan" (Step 2 & 3)


Langkah 2

Guys, gimana dengan rubiknya? Sudah mahir mainkan satu layer? Yuk, kita lanjutkan ke tahap berikutnya…

Kalau anda sudah berhasil jadikan satu layer warna putih secara benar, maka langkah selanjutnya adalah membuat dua layer. Dimana anda harus menyamakan kembali warna center dengan bagian tengah atas.

Misalkan pada contoh gambar 2.1, kita dapat melihat warna hijau-oranye di bagian sisi atas, yang disamakan dengan center hijau.. Setelah warna hijau sisi atas ini disamakan dengan center hijau, tentunya warna hijau-oranye ini nantinya harus akan dipindahkan ke posisi pada gambar 2.2, dengan menggunakan rumus (U R U’ R’) U’ F’ U F jika akan dipindahkan ke posisi sebelah kanan (seperti pada gambar 2.2), tetapi jika akan dipindahkan ke posisi sebelah kiri gunakanlah rumus (U’ L’ U L) U F U’ F’ .


Gbr 2.1



Gbr 2.2



Bila kedua kondisi di atas tidak terpenuhi, cukup jalankan salah satu rumus di atas. Maka dengan sendirinya akan anda dapatkan susunan warna yang memenuhi salah satu kondisi.

Ulangi langkah-langkah tersebut beberapa kali sampai layer kedua tersusun seperti gambar 2.3



Gbr 2.3 (Perhatikan, dua layer bawah telah sewarna)



Langkah 3

Nah, kali ini kita akan lebih berfokus pada layer atas berwarna kuning. Di tahap ini, kita akan mengenal istilah “Mancing Ikan”, yang maksudnya adalah menyusun warna seperti bentuk ikan pada permukaan paling atas.


Gbr 3.1


Untuk bisa mendapat bentuk ikan ini, yang harus kita perhatikan adalah warna kuning yang terbentuk seperti pada gambar 3.2, 3.3, dan atau 3.4


Gbr 3.2


Gbr 3.3


Gbr 3.4


Fokuskan diri anda hanya pada ke-3 macam bentuk diatas, jangan pikirkan warna lainnya (sekalipun ada warna kuning lain di sebelahnya)

Jadi, pada kondisi Gbr 3.2 gunakanlah rumus F R U R U’ F’

Namun, pada kondisi gambar 3.3 atau 3.4 gunakanlah rumus f R U R’ U’ f’ (yang dimaksud dengan f kecil disini adalah memutarkan 2 layer terdepan ke arah kanan)

Terus gunakan rumus-rumus tersebut sampai menemukan posisi bentuk seperti gambar 3.5, 3.6, atau bahkan bentuk ikan seperti gambar 3.1 tadi.


Gbr 3.5



Gbr 3.6


Hanya ada satu rumus yang akan sering digunakan pada tahap ini, yaitu R U R’ U R U2 R’, ini yang disebut rumus “Mancing Ikan” yang telah dibahas sebelumnya. Terus gunakan rumus ini hingga membentuk “Ikan” (seperti gambar 3.1).

Setelah mencapai “Ikan” pun, rumus ini tetap akan digunakan sampai membentuk seluruh layer ini berwarna sama. (Lihat gambar 3.7)



Gbr 3.7

Nah, anda telah menyelesaikan langkah ketiga…

-Zy-

0 komentar:

Posting Komentar