Jumat, 23 Juli 2010

The Last Steps for The Game

Langkah 4

Setelah berhasil membentuk layer teratas, kini kita akan berfokus pada sisi depan atas (sisa sisi yang belum sama warna). Dan biasanya ada bagian yang menyerupai huruf U pada tahap ini, seperti yang dapat kita lihat pada gambar 4.1 ini.


Gbr 4.1


Berpatokan pada gambar 4.1 di atas, dapat kita lihat sisi warna merah yang mendekati sempurna. Dan hanya ada satu kubus kecil hijau saja yang mengganggu disana. Bentuk seperti inilah yang dinamakan bentuk U.

Nah, sekarang coba lihat pada sisi hijau di sebelahnya. Masih ada dua warna yang belum selesai disana. Kalau begitu coba letakan bagian hijau ini di depan wajah kita, dan gunakan rumus berikut ini:

R U2 R’ U’ R U2, L’ U R’ U’ L


Maka nanti hasil yang didapatkan akan berbentuk U pula diberbagai sisi lainnya..

Tapi terkadang kondisinya bisa berbeda… Bisa saja suatu saat tidak terdapat satu pun sisi yang berbentuk u. Oleh karena itu terlebih dahulu kita harus bisa membentuk sisi huruf U tersebut, dengan menyamakan salah satu warna sisi pojok kiri atas dengan warna centernya. (Dimisalkan pada gambar 4.1 ini, adalah warna hijau-merah ditaruh pada posisi kiri atas dari layer centre hijau) Setelah disamakan, gunakanlah rumus di atas untuk mendapatkan sisi berbentuk huruf U tersebut.

Selain kedua kondisi tersebut, ternyata ada pula kondisi semacam gambar 4.2 ini…



Gbr 4.2


(Kondisi ini juga bisa di dapatkan secara perlahan setelah menggunakan rumus R U2 R’ U’ R U2, L’ U R’ U’ L tadi pada salah satu sisi berbentuk huruf U tadi).

Dimana kondisi ini terdapat salah satu sisi yang sudah jadi sewarna, dan tiga sisi lainnya berbentuk huruf U. Jika kondisi semacam ini yang didapatkan, letakanlah sisi yang telah jadi tersebut (pada gambar 4.2 warna biru) dibelakang/di bagian yang tak terlihat oleh mata anda. Letakan dibelakang, bukan di bawah (tetap posisikan sisi berwarna putih di bagian bawah/di atas telapak tangan anda).

Lalu gunakanlah rumus berikut ini untuk menyelesaikan permainan rubik 3x3 ini:

F2 (U’) L R’ F2 R L’ (U’) F2



F2


U'


L R'


Sudah?? Jikalau langkah anda benar, maka anda telah berhasil menyelesaikan permainan kubus rubik 3x3 ini. Congratz yah!!^0^



Ternyata mudah bukan cara bermainnya? Jadi sudah siap nih untuk permainan rubik lainnya?? Hehe, jangan keburu merasa hebat dulu.. Sekarang saatnya anda bermain dengan yang namanya “SpeedCubing”, itu berarti menyelesaikan permainan rubik secepat mungkin. Saatnya anda berpacu pada waktu, jangan biarkan teman-teman mendahului anda. Hoho



** Thanks buat teman-teman yang sudah setia membaca postingan aku sampai tahapan rumus terakhir ini. Mungkin gaya penulisan serta rumus yang aku sharing ini belum sempurna. So, kalau ada yang kurang tolong diberi penambahan yah.. Kalau ada mau tanya-tanya atau sekedar kasih saran juga boleh. So guys, siap-siap ya for the next game!LOL



-Zy-

0 komentar:

Posting Komentar